GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

PLTS Sengkol Dukung Pengembangan Investasi di NTB

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Manoarfa bersama Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah berkunjung ke Camp PLTS Sengkol, Lombok Tengah. 

Praya - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Badan Perencanaan Pembanguan Nasional (Bappenas) RI, Dr. Ir. H. Suharso Monoarfa, mengatakan, ketersediaan energy (listrik) yang cukup sudah pasti menjadi penopang utama industri.

Demikian dikatakan, Suharso disela-sela kunjungan ke Camp Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sengkol, Lombok Tengah, bersama Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Kepala Bank Indonesia Mataram Heru Saptaji, Asisten II Bidang Prekonomian Ir. H. Ridwansyah, MTP.

“Selain itu juga bisa meningkatkan dukungan bagi infrastruktur energy yang berkualitas dan berkelanjutan. Perkembangan energi bersih semakin menjanjikan, terutama didominasi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” kata Menteri.

Besarnya potensi Indonesia dalam mengoptimalkan sumber Energy Bersih Terbarukan (EBT) serta kelayakan komersial pembiayaan yang bersifat terbatas, dapat membuka pasar energi terbarukan bagi sektor swasta. Sejalan juga dengan program unggulan industrialisaasi yang dicetuskan.

Dalam kunjungan singkat ke salah satu PLTS diantara 4 PLTS yang dibangun di Lombok, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI mendapatkan penjelasan singkat dari Senior Enginer PLTS Sengkol Wildan.

Menteri mengakui, Indonesia memang perlu mempertimbangkan opsi-opsi pengembangan energi terbarukan yang berpotensi besar seperti PLTS, mulai dari skala besar hingga skala kecil. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kekayaan bahan bakar fosil tersebar di berbagai provinsi menjadi tantangan utama dalam mewujudkan transisi menuju energi bersih terbarukan. (KO01)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.