GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

PKKMB Modal Utama Didik Mahasiswa STP Mataram Jadi Lebih Unggul


PKKMB 2021 STP Mataram
PKKMB STP Mataram di ballroom Rinjani Agung Hotel Lombok Vaganza

MATARAM - STP Mataram berhasil mencuri perhatian, calon mahasiswa dari luar NTB. Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Senin (27/9), menunjukkan minat calon mahasiswa dari luar Lombok-Sumbawa cukup tinggi. Sekolah tinggi yang menerapkan disiplin tinggi dan tegas ini, tak menyurutkan calon mahasiswa tetap antusias bisa menjadi bagian dari almamater ini. Berikut sisi unggul STP Mataram di mata peminatnya.

PKKMB (baca; ospek), digelar di ballroom Rinjani Agung Hotel Lombok Vaganza dengan protokol kesehatan ketat. Ketua Panitia PKKMB 2021, Rizal Kurniansah, mengaku sangat memperhatikan kesehatan lingkungan kampus dari ancaman virus covid-19.

"Kami tidak memberi toleransi bagi yang tidak taat aturan. Jauh sebelum PKKMB digelar, mahasiswa sudah diimbau untuk divaksin. Selain wajib vaksin, peserta PKKMB wajib mengenakan masker ganda, menggunakan pelindung wajah (face shield), jaga jarak, cek suhu tubuh dan mencuci tangan menggunakan cairan pembersih," tegas Rizal mendidik disiplin mahasiswa baru STP Mataram.

Rizal, yang notabene Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Pariwisata ini, mengaku, kegiatan PKKMB menjadi bagian penting meningkatkan kedisiplinan mahasiswa. Pondasi menetapkan disiplin dan sikap tegas mahasiwa sekolah tinggi ini, ada di PKKMB. Karena alasan itu, materi-materi yang disampaikan instruktur sangat erat kaitannya dengan sikap dan visioner institusi ini, selain wawasan kebangsaan dan pariwisata.

"Tujuannya, kami ingin menjadikan lulusan STP yang lebih unggul, kreatif, berbudaya dan memiliki visioner yang jelas ke depannya," imbuh Rizal penuh harap.


Visi misi pendidikan sekolah tinggi inilah yang menjadikannya lebih unggul dari institusi pendidikan lain di tanah air, NTB khususnya. Tak heran jika minat calon mahasiswa, kuliah di kampus ini cukup signifikan. Diantaranya betasal dari Malang, Banyuwangi-Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sisi lain yang menjadi keunggulan lembaga pendidikan ini, fasilitas dan sarana pendidikan di atas rata-rata. Kelengkapan sarana dan fasilitas yang standard internasional menjadi sebuah keharusan. Pasalnya STP juga menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan dan industri di Asia seperti Malaysia dan Jepang.

Tahun 2021, STP Mataram merekrut 239 untuk jenjang pendidikan strata-1, diploma-3 perhotelan, diploma-3 usaha perjalanan wisata dan diploma-1. PKKMB akan berakhir 1 Oktober mendatang. Mahasiswa akan digembleng agar tertanam sikap, mental dan pandangan dunia pariwisata yang mumpuni.

Ketua STP Mataram, Halus Mandala, sangat peduli dengan sumber daya manusia yang mumpuni-plus. Modal dasar meningkatkan disiplin dan sumber daya yang bersaing itu adalah disiplin tinggi.

"Kami humanis tapi harus tegas dan disiplin. Maka ada aturan yang sangat kuat di lembaga kami. Siapa saja yang terlibat dalam kasus narkoba harus keluar. Hal ini kami perkuat dengan meminta mahasiswa menulis surat pernyataan diketahui orang tuanya, dan ber-matrei," tagas Halus Mandala.

Tidak itu saja, lanjut Halus Mandala, ada tujuh alasan mahasiswa dikeluarkan dari kampus. Selain bebas narkoba, mahasiswa dilarang melakukan pelecehan seksual, membuat onar atau keributan (perkelahian), tidak merusak fasilitas kampus dan tidak terlibat dalam perbuatan kriminal.

"Khusus untuk mereka yang melakukan perbuatan kriminal, setelah dinyatakan tersangka otomatis keluar," tegas Halus Mandala tanpa toleransi.

Setelah dinyatakan lulus PKKMB, mahasiswa STP Mataram dapat leluasa mengajukan beasiswa.

"Itu adalah reward (hadiah). Reward and punishmen itu adalah motivasi. Lulus PKKMB juga menjadi syarat mengikuti job training, KKN dan Wisuda," pungkas Halus Mandala. (KO02)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.