GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

204 Siswa SMK NTB Ikut Diklat Pelayaran Gratis di Pelabuhan Lembar Lombok

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Lembar Capt. Purgana, menyerahkan peralatan Diklat kepada salah satu peserta

KANAL ONE, LOMBOK BARAT
Ratusan siswa SMK dan masyarakat umum mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) aktifitas pelayaran penyebrangan laut di Pelabuhan Lembar Lombok Barat, NTB, secara gratis. 

Diklat pelayaran tersebut untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang tenaga kerja laut NTB. 


"Diklat pelayaran nanti akan mendapatkan 3 pelatihan dasar sebagai bekal mereka bekerja di atas kapal," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Lembar Capt. Purgana, Kamis 24 Agustus 2023. 

Dari 204 peserta akan mendapatkan materi keselamatan pelayaran yaitu basic safety training kemudian advance fire fighting dan security awesnes warning. 

"Nah setelah mendapat 3 pelatihan ini nanti mendapatkan buku pelaut yaitu dokumen resmi negara yang dikeluarkan oleh pemerintah yang berisi identitas fisik pelaut yang tidak berdasarkan standar biometrik," katanya.

Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama (SJP), yang langsung menghadiri pembukaan diklat tersebut mengatakan pelaksanaan diklat pelayaran yang diberikan oleh Politeknik Pelayaran Surabaya itu untuk menambah pengetahuan masyarakat  aktivitas pelayaran di NTB. 

"Kita tahu daerah kita ini kan daerah kelautannya banyak aktivitas. SDM kita sangat minim pengetahuan tentang keselamatan pelayaran," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera yang kerap disapa SJP.

Menurut SJP dari 204 peserta Diklat pelayaran itu bertujuan untuk mendorong pengetahuan terkait  aktivitas pelayaran di 34 pelabuhan yang tersebar di NTB. Baik pelabuhan laut, darat dan pelabuhan antara pulau. 

"Jadi dalam pelayaran punya kompetensi khusus syarat bekerja di Pelabuhan. Sekarang pelatihan seperti ini kita perbanyak di NTB," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur II Politeknik Pelayaran Surabaya I Kadek Laju mengatakan bahwa diklat ini adalah sesuai dengan instruksi presiden terkait revitalisasi SMK dalam hal peningkatan kompetensi. 


"Ini adalah diklat dasar. Syarat untuk membuat buku pelaut. Jadi nanti setelah mendapat buku pelaut seluruh peserta bisa bekerja tim bekerja kelompok menjaga keselamatan di atas kapal," katanya. 

Di sisi lain, setalah mendapat buku pelaut, seluruh peserta bisa melamar pekerjaan di pelayaran yang ada di NTB.(KO_01)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News