GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Apple Garap Chatbot AI Serupa ChatGPT untuk Bersaing dengan OpenAI dan Google

Apple Garap Chatbot AI Serupa ChatGPT untuk Bersaing dengan OpenAI dan Google (internet/KO)

KANAL ONE
- Apple sedang menggarap teknologi kecerdasan buatan (AI) canggih yang dapat bersaing dengan OpenAI, Google dan perusahaan teknologi lainnya.

Salah satu proyek yang sedang dikerjakan oleh Apple adalah chatbot berbasis AI dengan sebutan Apple ChatGPT oleh beberapa teknisi.

DANA, Aplikasi Dompet Digital yang Bukan Cuma Buat Bayar-Bayar, Tapi Juga Buat Pinjam Uang

Chatbot ini dapat melakukan berbagai hal, seperti merangkum teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan data untuk melatihnya.

Namun, Apple belum memutuskan kapan akan meluncurkan teknologi ini ke publik. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple berencana untuk mengumumkan kemajuan signifikan di bidang AI pada tahun 2024.

Apple juga telah membuat framework kerja sendiri, bernama Ajax, untuk membuat model bahasa besar, yaitu sistem AI yang menjadi dasar untuk chatbot seperti Apple ChatGPT, OpenAI ChatGPT dan Google Bard.

Apple menggunakan Google Cloud dan Google JAX, sebuah framework Machine Learning buatan Google, untuk membangun Ajax.

Namun, Apple masih menghadapi beberapa tantangan, terutama terkait dengan keamanan dan privasi AI generative. Yaitu jenis AI yang dapat menghasilkan teks atau gambar baru. Apple telah menunda pengujian internal chatbotnya karena alasan ini, dan hanya memberikan akses terbatas kepada sebagian pegawainya.

Bloomberg melaporkan bahwa pegawai Apple yang ingin menggunakan chatbot harus mendapatkan izin khusus. Serta tidak boleh menggunakan output chatbot untuk mengembangkan fitur konsumen.

Chatbot hanya sebagai alat bantu untuk membuat prototipe produk. Apple juga sedang mencari ahli di bidang AI generatif untuk memperkuat timnya.

Serta telah memposting beberapa lowongan pekerjaan di situs karirnya yang mencari teknisi yang ahli di bidang model bahasa besar dan AI generatif.

Untuk itu, Apple selalu berkomitmen untuk menjaga privasi penggunanya dalam pengembangan AI.

Punya Android Canggih, Begini Cara Ketahui Ketajaman Kameranya

Tim Cook, CEO Apple, pernah mengatakan bahwa Apple akan menambahkan AI ke lebih banyak produknya, tetapi dengan cara yang bertanggung jawab.

Apple ingin memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya dengan menggunakan teknologi AI terbaru.(KO_03)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News