GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Siswa SMK Negeri 1 Gunungsari Ciptakan Hocker IoT

Siswa SMK Negeri 1 Gunungsari Ciptakan Hocker IoT

 KANAL ONE, Lombok Barat
- Siswa Sekolah Menegah Kejuruan atau SMK Negeri 1 Gunungsari menciptakan alat home electricity controller, Hocker.

Pembina Ekstrakurikuler Robotika dan Otomasi SMKN 1 Gunungsari bernama Cancer Devartha, ST mengatakan Hocker atau alat pengendali listrik rumah ini berbasis Internet of Things - IoT.

Cancer menjelaskan cara kerja Hocker. perangkas cerdas ini bisa mengendalikan sistem aliran listrik yang terhubung ke berbagai perangkat eletronik seperti lampu, AC dan kulkas via android.

"Jadi nama alat ini adalah HOCKER (Home Electricity Controller), alat ini berfungsi untuk mengontrol peralatan listrik di rumah, seperti Lampu, AC, Kulkas, Rice cooker dll melalui internet dengan menggunakan teknolgi IoT(Internet of Things) dengan sarana aplikasi pada smartphone sebagai pusat pengontrolan" ujar Cancer Devartha via Ponsel.

Ia menuturkan bahwa Hocker merupakan hasil karya para siswa dan siswi kelas X, XI, dan XII Jurusan Teknik Elektronika Audio Video SMK Negeri 1 Gunungsari.

"Karya dari Ektrakurikuler Robotik dan Otomasi SMK Negeri 1 Gunungsari terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII yang di fasilitasi Oleh Jurusan Teknik Elektronika Audio Video" ujar Guru Teknik Elektronika Audio Video ini.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Gunungsari Bakiriyanto, saat dikonfirmasi via ponsel mengakui bahwa Hocker adalah inovasi siswa SMK Negeri 1 Gunungsari.

"SMK Negeri 1 Gunungsari mendorong semua siswa agar kreatif, berprestasi, dan terampil," tegas Kasek Bakiriyanto pada Sabtu 16 September 2023. (KO_02)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News