GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Tingkatkan Skil Siswa TBSM, TeFa SMKN 1 Gunungsari Praktek Service Motor

Siswa SMKN 1 Gunungsari Praktek Service Motor
TeFa Siswa SMKN 1 Gunungsari Praktek Service Motor

 KANAL ONE, Lombok Barat - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunungsari mengadakan service motor keliling ke Ponpes Al-Halimy di Sesela - Lombok Barat pada Selasa 5 September 2023.

Kepala SMKN 1 Gunungsari Bakiriyanto mengatakan service sepeda motor ini merupakan pembelajaran teaching factory atau TeFa bagi siswa jurusan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor).

Bakiriyanto menyebut, TeFa adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri. Tujuannya, untuk melakukan transfer lingkungan produksi di industri ke dalam ruang praktik di kelas.

"Service Keliling ini adalah TeFa yang bertempat di Ponpes Al Halimy Sesela Lobar. SMKN 1 Gunungsari melakukan penguatan kompetensi atau skil siswa TBSM sekaligus wujud nyata TEFA . Kami mendorong siswa untuk mengembangkan kecerdasan," ujar Kasek Bakiriyanto via Ponsel.

Kepala Program Teknik Otomotif SMKN 1 Gunungsari, M. Akhyar Johari, mengatakan TeFa untuk Siswa TBSM ini berkerjasama dengan PT Astra Honda Motor (AHM). TeFa ini melayani pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli, serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda.

"Kegiatan servis bekerjasama dengan Honda, ini melibatkan Anak-anak Kami TeFa Otomotif," ujar Ahyar .

Ahyar mengaku service sepeda motor ini menjadi rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) SMKN 1 Gunungsari ke-17. Dan menjadi ajang promo masyarakat bahwa Siswa SMKN 1 Gunungsari memiliki ketrampilan terlatih sesuai bidang masing-masing.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian dari HUT SMKN 1 Gunungsari ke-17. Sekalian branding," terangnya.

Salah satu Siswa SMKN 1 Gunungsari, FĂ izal, mengaku enjoy mengikuti TeFa service sepeda motor. Teori TBSM yang diajarkan oleh Guru SMKN 1 Gunungsari bisa dicerna dengan baik. Sehingga tidak canggung dalam penerapan.

"Alhamdulillah bisa, Saya terapkan pelajaran di SMKN 1 Gunungsari untuk tune up motor Honda," ujar Siswa kelas XI ini.

Sementara itu Kepala Madrasah Aliyah Al-Halimy, Husni Anwar, mengakui layanan service motor oleh SMKN 1 Gunungsari bekerjasama dengan PT. Astra Honda Motor ini bagus karena memberi kemudahan dan menjadi bagian dari kegiatan sosial untuk masyarakat.

"Kita terbantukan, mudah-mudahan menjadi aktivitas sosial juga," pungkasnya. (KO_02)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo