GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Kakanwil Kemenkumham NTB Minta Sinergi TIMPORA Ditingkatkan

Kakanwil Kemenkumham NTB Minta Sinergi TIMPORA Ditingkatkan
Rapat TIMPORA pada Rabu (25/10) di Mataram

 KANAL ONE, Mataram - Sebagai garda terdepan dalam menjaga lalu lintas pintu masuk Investor Asing, Kakanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan, meminta Imigrasi terus tingkatkan sinergi dengan stakeholder melalui TIMPORA.

Amanah ini disampaikan oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Wishnu Daru Fajar, yang mewakili dalam pembukaan Rapat TIMPORA pada Rabu (25/10) di Mataram.

"Tugas pengawasan orang asing bukan hanya pada Imigrasi, ada peraturan yang memang masing-masing instansi bisa melaksanakan hal tersebut sehingga ini adalah tugas kita  bersama," sebut Wishnu saat membuka acara TIMPORA.

Sinergi ini, kata Wishnu, bisa tercapai jika seluruh instansi yang tergabung dalam TIMPORA aktif mengambil peranan aktif dalam pengawasan orang asing. Permasalahan dan kendala yang dihadapi masing-masin instansi dalam pengawasan orang asing dan penegakan hukum keimigrasian dapat terlaksana dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Pengawasan orang asing ini pun harus dilakukan secara profesional untuk meminimalisir masuknya warga negara asing ilegal sesuai amanat dari Menkumham Yasonna H. Laoly.

Berdasarkan data yang masuk dari 3 (tiga) Kantor Imigrasi di NTB yaitu Kanim Mataram, Kanim Sumbawa dan Kanim Bima, terdapat 2.210 pemberian atau perpanjangan izin tinggal kunjungan, 2.198 pemberian/perpanjangan izin tinggal terbatas (ITAS) dan 507 pemberian/perpanjganan izin tinggal tetap (ITAP) periode Oktober 2023. (KO_02)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News