GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Kanwil Kemenkumham NTB Bentuk Desa Sadar Hukum di Lombok Utara

Kanwil Kemenkumham NTB Bentuk Desa Sadar Hukum di Lombok Utara

 KANAL ONE, Mataram - Tim Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham NTB hadir ke Desa Selelos Kabupaten Lombok Utara, Senin 6 November 2023.

Kehadiran Tim Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham NTB dalam rangka pembentukan desa sadar hukum di Selelos Lombok Utara.

Hal ini merupakan wujud nyata bahwa pemerintah berperan aktif dalam menyelesaikan masalah hukum yang kerap terjadi di tengah masyarakat.

Kehadiran Tim Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham NTB di sambut Kepala Desa Selelos, Judin, bersama warga.

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Selelos, Judin, menyampaikan, "Saya bersama masyarakat Desa Selelos berterima kasih dan mengapresiasi upaya Kanwil Kemenkumham NTB yang berperan aktif, turun langsung ke masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu repot mendatangi pemerintah untuk mempelajari terkait hukum".

Berdasarkan aturan yang ada, kriteria penilaian desa/kelurahan sadar hukum meliputi empat dimensi yaitu akses informasi hukum, implementasi hukum, akses keadilan dan dimensi demokrasi serta regulasi.

Penilaian berdasarkan empat dimensi tersebut akan menghasilkan tiga tingkat kategori yaitu kelurahan memiliki tingkat kesadaran hukum tinggi, cukup atau rendah.

"Daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi, sangat mendukung iklim investasi yang positif," ujar Menkumham Yasonna H. Laoly di lain kesempatan.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan yang juga berkomitmen untuk mendorong desa dan kelurahan di NTB menjadi wilayah sadar hukum. (KO_02)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.