GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Usman Siap Maju Jadi Ketua DPN SBMI

Usman Siap Maju Jadi Ketua DPN SBMI
Foto: Ketua SBMI NTB, Usman

 KANAL ONE, Mataram - SBMI bakal menggelar Kongres VII di Asrama Haji, Jakarta Timur pada 4-8 Desember 2023.

Kongres ke-VII SBMI mengangkat tema "Memperkuat akar gerakan buruh migran dan Keluarganya dalam Melawan Pemiskinan dan Penindasan melalui Pendekatan Lintas Sektor”.

Salah satu agenda Kongres adalah pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Nasional Serikat Buruh Migran Indonesia _DPN SBMI_ periode 4 tahun mendatang.

Ketua SBMI Nusa Tenggara Barat, Usman, membenarkan jika SBMI bakal menggelar Kongres ke-VII di Jakarta. Ia menyampaikan siap maju sebagai kandidat DPN SBMI periode 4 tahun mendatang.

"Saya siap maju jadi Ketua DPN SBMI," ujar Usman via ponsel pada Senin malam 20 November 2023.


Usman mengaku telah melakukan rapat bersama dengan seluruh Pengurus SBMI se-NTB. Dalam rapat ini, seluruh Dewan Pimpinan Cabang SBMI se-NTB sepakat membawa 6 gagasan ke Kongres VII SBMI, yakni:

1.SBMI harus mendesak dan melakukan pengawasan terhadap Pemerintah, khususnya agar Pemerintah melakukan evaluasi terhadap Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dengan penilaian yang berbasis pada aspek perlindungan Buruh Migran. Evaluasi Pemerintah atas P3MI harus terbuka dan partisipatif melibatkan organisasi atau Serikat Buruh Migran.

2.Sebagai bagian dari gerakan masyarakat sipil, SBMI kedepan harus kritis dan memperkuat Advokasi anggaran Perlindungan Buruh Migran baik di BP2MI, Kementerian Tenaga Kerja, dan birokrasi lain yang terkait dengan buruh migran (yang dirancang DPR RI dan Pemerintah.).

3.SBMI harus menuntut Pemerintah untuk melakukan perbaikan kebijakan atau regulasi terkait tata kelola migrasi ke luar negeri, khususnya terkait penempatan PMI ke Malaysia dan Timur Tengah, karena angka tindak pidana perdagangan manusia melalui penempatan unprosedural khususnya ke Timur Tengah terus meningkat.

4.SBMI harus terus melakukan Penguatan kapasitas pengetahuan kader melalui berbagai pelatihan, salah satunya yang penting adalah pelatihan Bahasa Asing (bahasa Inggris).

5.DP dan DPN kedepan harus ada kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki individu dengan bidang atau struktur yang dijabat.

6.SBMI harus memiliki basis kekuatan media untuk mengangkat isu-isu dan perjuangan buruh migran, bisa berupa majalah buruh migran atau portal berita khusus (e-paper) yang dikelola bersama jejaring anggota SBMI.

"Dalam rangka persiapan kongres SBMI bersama seluruh anggota DPC di NTB dan sepakat akan membawa 6 gagasan pokok di Kongres VII SBMI awal Desember 2023 di Jakarta," kata Usman.


Usman menegaskan bahwa ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam proses kaderisasi pada gerakan SBMI. Ia menyampaikan beberapa kriteria yang harus dipenuhi calon pemimpin SBMI di masa mendatang, antara lain:

·Sesuai AD/ART Organisasi, Pemimpin SBMI harus dari Mantan Buruh Migran

·Memiliki pengalaman memimpin organisasi

·Memiliki kompetensi baik di Advokasi kasus maupun pemberdayaan pekerja migran

·Loyal dan militan terhadap organisasi

·Memiliki watak berani, tangguh (siap banting tulang), serta jujur dan terbuka/transparan

·Mampu membawa sbmi lebih baik dari sebelumnya

“Dengan sekian kriteria pemimpin SBMI tersebut, Saya siap maju,” pungkas Ketua DPW SBMI NTB, Usman. (KO_02)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News