GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Bawaslu Dorong Anak Muda Jadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang

Bawaslu Dorong Anak Muda Jadi Garda Terdepan Tolak Politik Uang

KANAL ONE, Mataram
– Politik uang masih menjadi ancaman dalam pelaksanaan Pesta Demokrasi mendatang. Karena itu peran serta semua pihak termasuk generasi muda sangat diperlukan sebagai  garda terdepan dalam melawan praktik kotor politik uang.
“Anak muda harus menjadi yang terdepan dalam melawan politik uang. Karena pada hakikatnya, melalui Pemilu ini, mereka tengah memperjuangkan masa depannya,” kata Ketua Bawaslu NTB Itratip dalam kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan kampanye yang digelar Bawaslu RI bekerjasama dengan KAMMI NTB di Kafe Upnormal, Kota Mataram, kemarin (30/11).

Jika generasi muda terpapar politik uang, atau bahkan menjadi bagian dari tindak pidana pelanggaran pemilu itu, maka harapan mereka tentang masa depan yang baik juga akan tercemar. Kata Itratip, saat ini anak-anak yang merupakan pemilih pemula sejatinya belum terpapar atau terkontaminasi oleh cara-cara politik kotor.

“Sehingga harapannya, mereka yang bersih ini bisa menjadi mata dan telinga bawaslu di lapangan. Jika menemukan ada praktik itu, tolak uangnya, ungkap orangnya,” kata Itratip.

Akademisi Universitas Mataram Dr Saipul Hamdi yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menuturkan hal yang sama. Sosialisasi pengawasan tahapan kampanye tersebut dinilai penting dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terutama generasi milenial.

“Tidak hanya mendorong partisipasi mereka, tapi juga membangun kesadaran tentang pentingnya nilai moral dalam mencegah terjadinya politik uang yang sudah sangat mengental di masyarakat kita,” kata Saipul.  

Kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan kampanye bertajuk ‘wujudkan pemilu damai dan bebas politik uang di NTB’ itu dihadiri oleh ratusan mahasiswa. Selain pemaparan dari narasumber, peserta juga diberikan waktu untuk memberikan tanggapan tentang apa yang mereka serap dan pahami dari lingkungan masing-masing.

Penulis: KO_03
Editor: Dedy_Soe

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.