GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

BEM Unram Dukung Pemilu Damai 2024, Tanam 600 Pohon di Gua Lawah Narmada

BEM Unram Dukung Pemilu Damai 2024, Tanam 600 Pohon di Gua Lawah Narmada
Logo BEM Unram (Credit: Twitter @bemunram)

 KANAL ONE, LOMBOK - Menjelang akhir Desember 2023, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mataram (BEM Unram) menggelar deklarasi Pemilu damai 2024 dan melakukan aksi tanam 600 pohon di lingkar wisata Gua Lawah, Sempaga, Narmada, Lombok Barat.

Deklarasi Pemilu damai digelar BEM Unram pada Senin 25 Desember 2023 di Mataram. Sementara aksi tanam 600 pohon dilaksanakan pada Selasa 26 Desember 2023.

BEM Unram Dukung Pemilu Damai 2024

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mataram (BEM Unram) mendukung Pemilu damai 2024.

Dukungan Pemilu damai 2024 oleh BEM Unram ditegaskan serentak pada Senin 25 Desember 2023 di Mataram.

Ketua BEM Unram, Martoni, menegaskan bahwa dukungan Pemilu damai 2024 berjalan jujur adil serta menolak segala bentuk politik memecah belah persatuan bangsa di wilayah NTB.

BEM Unram wajib mendukung terwujudnya Pemilu damai 2024. Karena menurutnya menjadi panggilan nurani sebagai generasi bangsa.

BEM Unram Dukung Pemilu Damai 2024
BEM Unram Saat Menyatakan Mendukung Pemilu Damai 2024 pada Senin 25 Desember 2023

"Ini (dukung Pemilu damai 2024) menjadi hal yang wajib dilakukan mahasiswa terutama BEM Unram, karena elemen mahasiswa wajib mengawal Pemilu damai di tahun 2024," tegasnya.


Ia mengatakan BEM Unram turut berpartisipasi agar Pemilu 2024 berjalan sukses. Secara riil, BEM Unram melakukan safari ke KPU dan Bawaslu dalam rangka mengamalkan nilai positif politik di NTB.

"Kita (BEM Unram) safari ke setiap instansi baik KPU Bawaslu Gakkumdu, kita ikut serta dalam proses pelaksanaan partisipasi politik," pungkasnya.

BEM Unram Tanam 600 Pohon di Gua Lawah Sempaga Narmada

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Mataram (BEM Unram) melakukan penanaman 600 pohon di lingkar wisata Gua Lawah, Lebah Sempaga, Narmada, Lombok Barat.

Menteri Lingkungan Hidup BEM Unram, Muhammad Mukhlas, mengatakan aksi tanam pohon di lingkar wisata Gua Lawah Narmada ini menjadi puncak green project bertajuk "Realitas, Tantangan, dan Solusi Terhadap Kondisi Lingkungan di NTB”.

BEM Unram Tanam 600 Pohon di Gua Lawah Sempaga Narmada
Menteri Lingkungan Hidup BEM Unram, Muhammad Mukhlas, dan rekan saat mengangkut 600 bibit pohon untuk ditanam di lingkar wisata Gua Lawah Sempaga Narmada pada Senin 25 Desember 2023

Green project BEM Unram memiliki tiga (3) kegiatan berkaitan dengan lingkungan di NTB. Pertama (1) seminar lingkungan, kedua (2) kampanye lingkungan, dan ketiga (3) aksi tanam pohon di Gua Lawah Narmada.

"Penghijauan ini rangkaian green project BEM Unram," ujar Menteri Lingkungan Hidup BEM Unram, Muhammad Mukhlas, kepada Media Kanal One pada Senin 25 Desember 2023.

 
Mukhlas menerangkan, tujuan green project BEM Unram pertama untuk menanamkan mindset kepada mahasiswa dan masyarakat terkait keadaan lingkungan saat ini dan cara menjaga lingkungan yang baik.

Kedua mengedukasi mahasiswa dan masyarakat umum terkait sistematisasi pengolahan sampah yang baik dan benar.

Dan ketiga untuk meminimalisir kesenjangan lingkungan di daerah Nusa Tenggara Barat lebih khusus di kawasan Universitas Mataram (Unram).

Manfaat dari kegiatan green project BEM Unram pertama terbentuknya mindset mahasiswa dan masyarakat terkait keadaan lingkungan saat ini dan cara menjaga lingkungan yang baik.

Kedua sebagai sarana edukasi untuk mahasiswa dan masyarakat terkait sistematisasi pengolahan sampah yang baik dan benar.

Ketiga terciptanya solusi untuk meminimalisir kesenjangan lingkungan di daerah Nusa Tenggara Barat khususnya di kawasan Universitas Mataram.

"Green project ada tiga rangkaian, tujuan seminar kita ingin bahwa mahasiswa umum yang ada di Lombok ini tahu keadaan lingkungan di NTB, saat seminar kita angkat isu soal sampah plastik dan isu penebangan pohon maka muncullah aksi kampanye lingkungan dilanjutkan dengan aksi nyata tanam pohon di Gua Lawah Narmada," terang Menteri Lingkungan Hidup BEM Unram pada Kanal One.

Ia mengatakan tanam pohon di lingkar wisata Gua Lawah Narmada berlangsung pada Selasa 26 Desember 2023. BEM Unram telah menyiapkan 600 bibit pohon. Terdiri dari 200 bibit durian, 200 bibit alpukat, 100 bibit petai dan 100 bibit pohon kayu putih.

Peserta aksi tanam pohon di Gua Lawah diikuti oleh Mahasiswa Pencinta Lingkungan, BEM Unram dan Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) Desa Lebah Sempaga Kecamatam Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Mulai awal seminar, green project BEM Unram telah diikuti oleh 300 peserta. 200 dari Mahasiswa se Pulau Lombok dan kurang lebih 100 peserta dari luar wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Peserta seminar kita undang aksi nyata, jadi di seminar dapat ilmu tentang lingkungan, mereka ikut aksi kampanye lingkungan, dan mereka juga ikut aksi nyata tanam pohon di Gua Lawah Narmada," pungkas Menteri Lingkungan Hidup BEM Unram.

Sementara Pokdarwis Desa Lebah Sempaga, Gunawan, menyatakan mendukung aksi tanam pohon di lingkar wisata Gua Lawah oleh BEM Unram.

Gunawan menilai aksi tanam pohon oleh BEM Unram berguna untuk kelestarian lingkungan di sekitar wisata Gua Lawah Lebah Sempaga Narmada.

"Kalau untuk penghijauan saya sangat mendukung sekali, untuk serapan air itu kita butuhkan, jadi saya sangat antusias dengan ada acara BEM Unram tanam pohon di Gua Lawah Lebah Sempaga Narmada," ujarnya menutup komunikasi.

Penulis: KO_02
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News