GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Kanwil Kemenkumham NTB Serahkan Sertifikat KIK Tari Lenggo Siwe Mone dan Keris Sampari Ncuhi Dara

Kanwil Kemenkumham NTB Serahkan Sertifikat KIK Tari Lenggo Siwe Mone dan Keris Sampari Ncuhi Dara
Penyerahan Sertifikat Pencatatan KIK Tari Lenggo Siwe Mone dan Keris Sampari Ncuhi Dara diserahkan Kanwil Kemenkumham NTB kepada Dewi Ratna Muchlis (Dae Dewi) pada 6 Desember 2023.

 KANAL ONE, Mataram - Kanwil Kemenkumham NTB melalui Sub Bidang Pelayanan Kekayaan Intelektual menyerahkan sertifikat pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) berupa Ekspresi Budaya Tradisional (EBT), Rabu (06/12).

Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Puan Rusmayadi, menyerahkan sertifikat KIK untuk Tari Lenggo Siwe Mone dan Keris Sampari Ncuhi Dara yang berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat.

Sertifikat Pencatatan KIK Tari Lenggo Siwe Mone dan Keris Sampari Ncuhi Dara diserahkan Kanwil Kemenkumham NTB kepada Dewi Ratna Muchlis (Dae Dewi).

Dae Dewi merupakan anggota keluarga kesultanan Bima dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Adat Kesultanan Bima.

Dae Dewi berterima kasih dan mengapresiasi Kanwil Kemenkumham NTB atas upaya dalam melindungi budaya asli Bima.

Penyerahan sertifikat Pencatatan KIK ini sebagai bentuk perlindungan negara guna menghindari dari pengakuan, pencurian bahkan pembajakan dari negara lain.

Selain itu pencatatan KIK ini juga merupakan upaya peningkatan ekosistem kebudayaan serta penyebarluasan kebudayaan asli Indonesia khususnya Bima.

Perlindungan Kekayaan Intelektual khususnya di NTB ini, kata Parlindungan selaku Kakanwil Kemenkumham NTB yang ditemui di tempat terpisah merupakan salah satu cara memaksimalkan potensi daerah yang nantinya akan berdampak pada pembangunan ekonomi.

Sejalan dengan pernyataan Menkumham, Yasonna H. Laoly, untuk mendorong Pemerintah mendaftarkan KIK yang menjadi komponen penting dalam kebijakan ekonomi nasional.

Penulis: KO_02
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.