GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

5 Objek Wisata Kekinian di Lombok, dari Taman Surga hingga Goa Kelelawar

Gunung Rinjani menjadi salah satu tujuan wisata minat yang sangat digandrungi para traveller dari seantro jagad (Freepik/KO)

KANAL ONE, MATARAM
- Lombok saat ini menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berlibur karena memiliki keindahan dan panorama alam memikat. Lombok tidak hanya memiliki hamparan pantai dengan pasir putih namun juga memiliki wisata alam mulai dari Gunung Rinjani, air terjun dan danau buatan yang tak kalah memikat.

Pantas saja pulau seribu masjid menjadi destinasi paling populer yang kerap menjadi tujuan wisata.

1. Sembalun 

Pemandangan indah dari ketinggian, maka Puncak Sembalun adalah pilihan yang tepat. Terletak di ketinggian 2.639 mdpl, puncak ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dari Gunung Rinjani, puncak-puncak lain, dan hamparan sawah hijau yang sangat luas.


Di Sembalun terdaoat tempat wisata Taman Surga Rinjani pemandangan yang eksekotik sejauh mata memadang, kamu juga akan dibuai dengan cantiknya perbukitan yang mengelilinginya. Jika biasanya kamu hanya bisa mendaki ke gardu pandang untuk berfoto, kini kamu juga bisa menikmati keindahan Sembalun sambil berburu spot selfie dan naik ragam wahana seru.

2. Sajang Glamping

Tidak jauh dari Taman Surga Rinjani, terdapat tempat wisata yang bernama Sajang Glamping Lombok. Jika biasanya Lombok menawarkan penginapan berupa hotel, kini kamu bisa merasakan suasana glam camping atau glamping di Lombok tepatnya di Sajang Glamping. 


Tempat wisata di Lombok terbaru ini berlokasi di Sembalun. Daya tarik wisata Sajang Glamping adalah camping dengan view Gunung Rinjani. Pada sore hari, kamu bisa menikmati sunset yang indah. Jika tak ingin camping, kamu tetap bisa berkunjung karena bisa mengakses spot foto unik seperti ayunan dan hammock.

3. Gunung Jae

Salah satu lokasi yang dikembangkan sebagai tempat rekreasi dan destinasi ialah kawasan Wisata Gunung Jae. Meskipun memiliki nama Gunung, namun destinasi ini bukanlah sebuah gunung.

(insidelombok/KO)

Destinasi ini memiliki potensi alam yang menakjubkan dan mempesona, kawasan ini dikelilingi perbukitan dan persawahan yang mengitari sebuah muara sungai.

Dahulunya lokasi kawasan wisata ini ialah danau yang telah digunakan untuk galian tambang pasir dan tanah uruk. Dari proses itulah terbentuk sebuah danau dengan ukuran cukup besar dan dikelilingi perbukitan.

Setelah selesai dijadikan tambang pasir dan tanah uruk, lokasi ini dijadikan sebuah kawasan perkemahan biasa. Namun sekarang saat ini kawasan Gunung Jae berubah menjadi tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga.

4. Goa Bangkang Prabu


Keindahan Goa Bangkang Prabu yang terletak tak jauh dari pantai Kuta Mandalika ini tepatnya di Desa Prabu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah ini memang tak boleh untuk dilewatkan. Sinaran matahari yang masuk kecelah celah bebatuan Goa membuat Goa bangkang ini memiliki spot yang sangat instragamable. 

(keluyuran/KO)

Tak heran Goa Bangkang begitu cepat viral di dunia maya akbiat banyaknya wisatawan asing yang memposting photo photo indahnya Goa Bangkang ini.

Jika kita melihat Goa Goa lainnya maka kita akan merasakan aroma mistis didalamnya. Tidak demikian dengan Goa Bangkang ini, pancaran sinar Matahari yang masuk ke dalam Goa membuat suasana didalam nya tak seseram seperti goa lainnya. 

Wisatawan dapat mengambil gambar eksotisme ribuan kelelawar yang ada di dalam Goa Bangkang tetapi anda jangan kaget dengan bau yang menusuk hidung akibat kotoran hewan mala mini. Well setidaknya dengan view yang menajubkan ini sengatan bau kotoran sebanding dengan memori yang kita dapatkan.

Seperti halnya tempat wisata di daerah lainnya, sebelum anda memasuki Goa maka anda akan ditawarkan berbagai macam kerajinan khas Lombok yang dijajakan oleh pedagang lokal baik itu kain, alas kaki dan juga penutup hidung. Pikir terlebih dahulu sebelum membeli penutup hidung dikarenakan sangat membantu pada saat masuk Goa karena bau kotoran kelelawar yang sangat menyengat.

5. Goa Kotak


Selain Goa Bangkang Prabu, Lombok juga punya Goa Kotak bagi kamu yang gemar berburu spot foto. Berbeda dengan gua kebanyakan, wisata Lombok terbaru ini memang memiliki bentuk mulut gua berbentuk kotak dengan pemandangan langsung ke pantai. Tak heran banyak wisatawan berkunjung ke tempat wisata di Lombok ini untuk mendapatkan foto terbaik. 

Faktanya, Goa Kotak merupakan bekas penggalian di bukit yang membentuk terowongan. Walau tak bisa melihat stalaktit atau stalakmit, kamu bisa melihat berbagai fosil kerang karena gua ini sempat terendam air laut. Goa Kotak bisa kamu capai dengan berkendara sekitar 4 km dari Pantai Tanjung Aan.

Penulis: KO04
Editor: Zet

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News