GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Kemenag Minta 23.125 BKM Daerah Syiar Damai di Masjid dan Musholla


KANAL ONE, JAKARTA - Kemenag mengonsolidasikan ribuan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) jelang Ramadan 1445 H/2024 M. Saat ini, total ada 23.125 BKM Daerah.

Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, minta agar BKM Daerah mulai menjalankan program-programnya. Kamaruddin yang juga Ketua Umum BKM Pusat mendorong lembaga BKM daerah aktif menggelar syiar agama di masjid dan musholla.

Kamaruddin minta BKM melakukan safari Ramadan dan bersilaturahmi ke ormas-ormas keagamaan serta audiensi ke pemerintah daerah.

“Kita mendorong kepada pengurus BKM dapat membuka komunikasi, audiensi, atau sosialisasi dengan pemerintah daerah setempat/forkopimda/ormas terkait telah hadirnya BKM daerah dan siap berkolaborasi lebih jauh,” ujar Kamaruddin saat Coffee Morning BKM di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Selaku Ketua Harian BKM Pusat, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib menambahkan, BKM juga perlu berkontribusi dalam menciptakan kondusivitas umat pascapemilu. Ia mengungkapkan, BKM harus mengisi mimbar tarawih Ramadan atau Jumat dengan menyampaikan pesan-pesan perdamaian.

“BKM provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan, kelurahan/desa juga harus mengisi mimbar kultum tarawih dan khotbah Jumat dengan membawa pesan-pesan persaudaraan dan kerukunan/perdamaian. Contoh khutbah tersebut dapat diakses di aplikasi PUSAKA dan Elipski,” tutur Adib.

“Kita meminta BKM provinsi untuk melakukan kegiatan Pembinaan SDM Kemasjidan atau pelatihan manajemen masjid, yang dirangkai dengan Rakerda BKM provinsi, dan melibatkan peserta dari BKM provinsi dan kabupaten/kota,” sambungnya.

Coffee Morning BKM diikuti lebih dari 1.000 peserta yang terdiri atas pengurus BKM pusat, BKM provinsi, BKM kabupaten/kota, BKM kecamatan, dan BKM kelurahan/desa.

Penulis: KO_05
Sumber: Laman Kemenag RI
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News