GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Pawai Ogoh-ogoh, Polresta Mataram Himbau Gunakan Jalur Alternatif

Saat Pawai Ogoh-ogoh, Polresta Mataram Himbau Gunakan Jalur Alternatif

 KANAL ONE, MATARAM - Sat Lantas Polresta Mataram mengeluarkan himbauan kepada masyarakat tentang pengalihan arus kendaraan selama kegiatan Ogoh-ogoh dan Perang Api menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946.

Himbauan ini guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) yang kondusif saat pelaksanaan Ogoh-ogoh dan Perang Api menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946.

Himbauan tersebut dilakukan agar masyarakat mengetahui jalur yang nantinya akan dilalui atau digunakan oleh kegiatan Ogoh-ogoh dan Perang Api untuk dapat dihindari sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat pengguna jalan.

Kasat Lantas Polresta Mataram Kompol Bowo Tri Handoko pada Jumat (08/03/2024) menyampaikan bahwa kegiatan Acara Lomba Ogoh-ogoh dan Perang Api menyambut hari raya Nyepi tersebut akan diselenggarakan pada Minggu 10 Maret 2024 mulai Pukul 10:00 Wita hingga 16:00 Wita untuk Ogoh-ogoh dan Pukul 17:00 Wita - 18:00 Wita untuk Perang Api.

Untuk menghindari gangguan lalu lintas pada waktu tersebut maka akan ada pengalihan arus bagi masyarakat pengguna jalan untuk menghindari kemacetan.

“Ogoh-ogoh tersebut akan berlangsung di sepanjang jalan Pejanggik Mataram, mulai dari simpang 4 BI hingga simpang 4 Cakranegara jalur menuju jalan Selaparang, Cakranegara Kota Mataram, sedangkan Perang Api akan berlangsung di Jalan Selaparang mulai dari simpang 4 Gereja hingga simpang 4 Swete,”jelas Bowo sapaan akrabnya.

Oleh karena itu Lanjutnya Pengendara yang datang dari arah barat menuju simpang 4 BI akan diarahkan ke arah kiri menuju Jalan Udayana atau ke kanan menuju jalan Airlangga.

Begitu pula kendaraan yang datang dari arah timur menuju simpang 4 Cakranegara, maka dari jalan Selaparang Tepatnya Mayura akan diarahkan ke arah kiri atau ke kanan.

Sejumlah jalan atau gang baik dari Selatan jalan Panca usaha menuju jalan Pejanggik ataupun dari bagian Utara jalan Kebudayaan menuju jalan Pejanggik semua akan ditutup, sehingga diharapkan pengguna jalan dapat melalui jalur alternatif yang sudah disiapkan atau diarahkan petugas.

“Semua jalur menuju jalan Pejanggik akan dijaga petugas. Kami sudah menyiapkan petugas dari lantas ataupun Dishub serta petugas Keamanan. Jadi semua titik dijaga ketat untuk menghindari kendaraan menuju jalur jalan Pejanggik tempat pelaksanaan Ogoh-ogoh tersebut,”jelasnya.

Begitu pula pada pukul 17:00 Wita di jalur Jalan Selaparang mulai simpang 4 Gereja sampai simpang 4 Swete akan ditutup sementara dimana pelaksanaan Upacara Perang api yang juga rangkaian menyambut Hari raya Nyepi akan diselenggarakan.

Pengendara dari arah timur Jl. Sandubaya menuju Simpang 4 Swete akan diarahkan ke jalur kiri jl. TGH Faisal atau jalur Kanan menuju jalan Ahmad Yani. Begitu pula pengendara dari jl. Tumpangsari menuju Simpang 4 Gereja diarahkan ke jalur kiri jalan Laksmana atau jalur kanan Jalan Nalaya.

“Semua jalan atau gang menuju jalur jalan Selaparang di sepanjang jalur yang digunakan perang api akan ditutup sementara,”tegasnya.

Kasat Lantas Polresta Mataram sangat berharap dukungan serta masyarakat agar mematuhi serta mengindahkan para petugas yang mengarahkan arus kendaraan masyarakat demi kelancaran kegiatan tersebut.

Penulis: KO_05
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News