GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

4.949 Jamaah Haji NTB Berangkat Nyaman dengan DAMRI Mataram

4.949 Jamaah Haji NTB Berangkat Nyaman dengan DAMRI Mataram

 KANAL ONE, MATARAM - Perum DAMRI Cabang Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat mengangkut 393 calon jamaah haji menuju Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah.

"Ada sembilan unit bus dalam rangkaian utama ditambah satu unit bus cadangan dan dua unit truk boks yang disiapkan DAMRI Mataram untuk angkutan calon jamaah haji 2024 di Embarkasi Lombok," kata General Manager Perum DAMRI Kantor Cabang Mataram, Hilman Azhari di Mataram, Selasa (13/5/2024).


Hilman mengatakan setiap bus memiliki kapasitas 45 orang yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan bagi penumpang. Setiap bus telah disediakan ruang kursi yang lega, nyaman, terdapat toilet, dan disediakan pramugara untuk membantu calon jamaah haji atau penumpang selama di bus.

"Kami melayani keberangkatan dan kedatangan jamaah haji dari Asrama Haji Lombok menuju Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok dan sebaliknya sejak 12 Mei-28 Mei 2024 dan untuk fase pemulangan nanti mulai 22 Juni-9 Juli 2024," katanya.

Dijelaskan Hilman, Perum DAMRI Cabang Mataram telah melayani angkutan calon jamaah haji Embarkasi Lombok sejak 2012 hingga saat ini, namun sempat tidak melayani saat pandemi COVID-19 pada 2021-2022 karena tidak ada pemberangkatan haji.

Hilman menuturkan Perum DAMRI bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia selaku penyedia transportasi udara,ARFF Bandara,ARFF Bandara adalah Airport Rescue & Fire Fighting adalah salah satu tempat kerja yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi para pekerja karena tugas mereka melakukan pertolongan kecelakaan penerbangan dan keadaan darurat di wilayah bandar udara dan sekitarnya. serta berkolaborasi dengan pemangku kebijakan lain guna kelancaran dan kesuksesan pemberangkatan haji.

Tidak lupa juga sebelum memulai Hilman menganjurkan safety induction ke teman-teman pengemudi, bertujuan untuk: utamakan keselamatan, jaga jarak antar bus, jaga kecepatan, pastikan kebersihan eksterior dan interior serta pastikan kesehatan kendaraan.

Embarkasi Lombok melayani calon jamaah haji dari Provinsi Nusa Tenggara Barat jumlah jamaah 2024 sebanyak 4.949 orang dengan petugas pendamping, total 13 kelompok terbang (kloter) yang terdiri dari 393 jamaah per kloter.

Sesuai dengan tema tahun ini, yaitu "Haji Ramah Lansia", DAMRI juga menyiapkan layanan ramah jemaah lanjut usia (lansia) dan memaksimalkan sumber daya yang ada untuk mewujudkan layanan transportasi haji ramah lansia.

Penulis: KO_05
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News