GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Miliki Fitur Mewah dan Canggih Jadi Alasan FIFA Tunjuk JIS Menjadi Tempat Opening Ceremony FIFA World Cup U17

Jakarta International Stadium didaulat FIFA menjadi tempat berlangsungnya Opening Ceremony FIFA World Cup U17 tahun 2023

KANAL ONE, JAKARTA
- FIFA resmi menunjuk Jakarta International Stadium menjadi salah satu venue pada ajang Piala Dunia U17 mendatang.

FIFA tetap menunjuk meski sempat terjadi polemik soal fasilitas stadium kebanggaan warga Jakarta itu tidak standard.

Baca Juga: Timnas U23 Indonesia Melangkah ke Semifinal Piala AFF 2023, Siap Hadapi Thailand, Malaysia, dan Vietnam

Setelah FIFA turun untuk melakukan inspeksi ke sejumlah venue, akhirnya Jakarta International Stadium didaulat menjadi tempat berlangsungnya Opening Ceremony FIFA World Cup U17 sekaligus menggelar pertandingan Timnas Indonesia di babak fase grup.

Berikut fitur canggih dan mewahJakarta International Stadium yang menjadi pusat gelaran Piala Dunia U17 bulan November tahun 2023 mendatang.

Jakarta International Stadium memang dirancang mempunyai fitur canggih layaknya Stadion modern masa kini yang ada di Eropa.

1. Memiliki kapasitas penonton sangat besar

Selama ini stadion terbesar yang pernah dipakai untuk menghemat Piala Dunia U17 adalah Worker Stadium di China pada edisi tahun 1985 dengan kapasitas total 80.000 penonton.

Sementara itu Jakarta International Stadium mempunyai kapasitas total 82.000 penonton, kursi-kursinya membentang dalam 3 tingkat Tribun mulai dari tier satu hingga tier 3.

Dengan rincian Tribun bawah 22.000 kursi penonton, Tribun Tengah 20.000 kursi penonton, dan Tribun atas sebanyak 40.000 kursi penonton.

Kesempatan emas bagi panitia penyelenggara untuk mendatangkan penonton dalam jumlah besar terlebih lagi jika menggelar laga pembuka dan semua laga Timnas Indonesia.

2. Memiliki sistem Retractable Roof

Menuju perhelatan Piala Dunia U17 bulan November nanti tidak dipungkiri biasanya di Indonesia akan memasuki fase musim penghujan.

Oleh karena itu alasan FIFA menunjuk Jakarta International Stadium sebagai tempat Opening Ceremony hingga pertandingan agar para penonton dan pemain tidak khawatir akan hujan.

Sebab, Jakarta International Stadium sudah memiliki fitur canggih yaitu mempunyai teknologi sistem atap buka tutup atau dikenal dengan Retractable Roof.

3. Memiliki layar super besar untuk VAR

Tahukah kalian bahwa Jakarta International Stadium memiliki layar lebar super besar untuk penggunaan VAR yang lokasinya berada di dua sudut stadion.

Menjadikan Jakarta International Stadium memiliki layar lebar dengan ukuran mencapai 30x15 meter atau kira-kira seukuran dengan lapangan basket.

Layar lebar ini juga mempunyai berbagai fungsi penting seperti menampilkan Skor, Replay pertandingan dan termasuk hasil VAR.

Sehingga pertandingan di Piala Dunia U17 nanti bisa dinikmati dengan penuh kenyamanan layaknya Piala Dunia utama di Qatar tahun 2022 silam.

4. Memiliki sistem konservasi air yang canggih

Salah satu kecanggihan yang dipunyai oleh Jakarta International Stadium adalah kemampuan yang menangkap air hujan untuk dipakai sebagai air bersih.

Dilengkapi dengan Ground Water Tank jadi air hujan yang turun dari atap bakalan disimpan di bawah tanah lalu di filter menjadi air bersih untuk kebutuhan stadion.

Secara tidak langsung, teknologi ini menjadikan Jakarta International Stadium meraih predikat stadion Green Building tingkat platinum.

5. Siap dipasang Spidercam

Layaknya yang ada di Piala Dunia utama, pagelaran Piala Dunia U17 diharapkan sangat menekankan siaran berkualitas tinggi.

Baca Juga: Indonesia Gagal Juara Piala AFF U-23 Tahun 2023, Setelah Kalah dalam Adu Penalti

Satu hal yang membuat siaran Piala Dunia menjadi istimewa adalah keberadaan Spidercam yang terpasang di bawah atap stadion.

Spidercam dapat merekam pertandingan dari atas lapangan sehingga membuat siaran pertandingan menjadi lebih berkesan.(KO_01)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News