GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Innalillahiwainnailaihirojiun Eko Londo, Komedian Legendaris Tutup Usia

Eko Londo
Pelawah Legendaris Eko Londo meninggal dunia di usia 66 tahun (Jatimnetwork/KO)

KANAL ONE, SURABAYA
- Eko Londo atau Eko Untoro Kurniawan (66) pelawak legend asal Surabaya menghembuskan nafas terakhir, Jumat 24 November 2023.

Eko Londo meninggal setelah menjalani perawatan intensif selama sebulan karena luka yang dialaminya akibat kecelakaan lalu lintas.

Sebelumnya pelawak senior ini, mendapat perawatan selama empat hari, dan kondisinya sudah agak membaik.

Ditandai dengan beberapa bagian tubuh, termasuk kelopak mata lelaki dengan nama asli Ong Lie Oen ini sudah mulai dapat digerakkkan, meski belum dapat berkomunikasi intensif.

Namun pada Kamis 23 November 2023 kondisinya kembali memburuk ditandai dengan tensi menurun yang berakibat kondisinya menurun.

"Tadi malam itu satu bulan sudah (setelah kejadian). Meninggalnya jam 06.00 pagi. Kondisi terakhir sempat baik, cuma habis itu, mulai tadi malam sudah drop. Sampai darahnya turun. Sampai tadi pagi gak ada," kata Elok, anak Eko Londo.

Sosok Eko Londo

Eko Londo lahir di Surabaya, Jawa Timur pada Agustus 1957. Parasnya seperti orang bule karena dia memiliki darah Belanda dari ibunya. Sang bunda merupakan putri dari seorang tentara kolonial yang bertugas di Surabaya.  Eko Londo adalah ayah enam anak dan kakek dari empat cucu.

Dia bergabung dengan grup lawak Srimulat. Menurutnya, awalnya dia mendaftar di Srimulat Surabaya namun tidak diterima.

Hingga pada tahun 1984, Eko Londo resmi bergabung ke grup lawak Srimulat. Bersama Eko Londo, Srimulat melebarkan sayap eksistensinya ke Solo, Semarang, dan Jakarta.

Ada dua julukan yang didapat Eko Londo. Julukan pertama adalah Eko Handai Taulan Hawai Five O John Aloha. Julukan ini muncul karena dia sering tampil di Restoran Aloha.  Julukan kedua adalah Eko Tralala. Nama baru ini didapat setelah dia sering tampil di TVRI.(KO_03)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News