GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Imigrasi Mataram Gelar Operasi Jagratara

Imigrasi Mataram Gelar Operasi Jagratara

 KANAL ONE, LOMBOK - Kanwil Kemenkumham NTB bersama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menggelar Operasi Jagratara dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah Senggigi Kabupaten Lombok Barat pada Rabu 27 Desember 2023.

Operasi Jagratara dilaksanakan dengan cara melakukan pengawasan terbuka sekaligus pendataan terhadap wisatawan asing serta tenaga kerja asing (TKA) yang berada di hotel dan restaurant yang beroperasi di wilayah Senggigi Lombok Barat.

"Dalam kesempatan ini, kami juga melakukan sosialisasi serta penyebaran informasi terkait kewajiban dari Hotel/Penginapan untuk melakukan pelaporan terhadap wisatawan asing yang menginap, serta mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya pelaku dibidang usaha untuk lebih proaktif melakukan pelaporan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di sekitar wilayahnya,” ujar Deddy Yulianto selaku Kasubsi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, Jumat (29/12/2023).


Deddy mengatakan, dalam Operasi Jagratara ini petugas tidak menemukan adanya wisatawan asing ataupun TKA yang melakukan pelanggaran keimigrasian sehingga para petugas melakukan pengawasan sekaligus memberikan imbauan kepada seluruh warga asing yang ada di Senggigi.

Kegiatan Operasi Jagratara ini merupakan kegiatan pengawasan orang asing secara serentak di seluruh wilayah kerja pelaksana teknis Imigrasi di seluruh Indonesia yang diawasi secara langsung oleh Plt. Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi.

“Operasi Jagratara dilaksanakan pada 27 – 28 Desember 2023 dan dibuka dengan pengarahan langsung dari Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian secara daring, tujuan dari digelarnya Operasi Jagratara ini adalah sebagai rangkaian pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada," ujar Deddy.

Sementara itu, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB Ngurah Mas Wijaya Kusuma, menjelaskan, bahwa operasi jagratara dilaksanakan sebaik mungkin dengan memperhatikan situasi dan stabilitas keamanan.

“Dalam melaksanakan Operasi Jagratara, petugas diharapkan untuk tetap memperhatikan kondisi stabilitas keamanan dan mitigasi risiko,” kata dia.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Parlindungan menyampaikan bahwa salah satu fungsi Imigrasi adalah untuk menjaga keamanan dan kedaulatan Negara. untuk menjalankan fungsi tersebut diaplikasikan dengan pengawasan terhadap orang asing.

"Kami akan senantiasa melakukan segala upaya untuk dapat memenuhi tugas dan fungsi kami sesuai dengan apa yang telah diamanatkan Undang – Undang sesuai dengan ranah dan koridor dari Keimigrasian”  tegas Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Parlindungan.

Penulis: KO_04
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News

Type above and press Enter to search.