GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Jelang MXGP Samota Pemkab Sumbawa Kejar Target Vaksinasi 100 Persen


Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat - Jelang perhelatan kejuaraan dunia Motor Cross Grand Prix atau MXGP Juni 2022 di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pemda kejar capaian vaksinasi Covid-19 100 persen.


"Jelang pelaksanaan MXGP pada bulan Juni 2022 mendatang, seluruh masyarakat di Kabupaten Sumbawa harus sudah divaksin dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 atau booster," kata bupati saat memimpin rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda, yang berlangsung di ruang rapat H. Hasan Usman, lantai 1, Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (22/2/22)


Menurut bupati, capaian vaksinasi sebelum pelaksanaan MXGP telah ditentukan sebagai syarat pelaksanaan perhelatan motor cross tingkat dunia.

"Syarat capaian vaksinasinya adalah dosis 1 sebesar 100%, dosis 2 sebesar 70%, dan dosis 3 sebesar 70%," bupati merincikan.

Capaian vaksinasi Kabupaten Sumbawa per 22 Februari 2022 berdasarkan data manual Dinas Kesehatan, dosis 1 mencapai 90,86%, dosis 2 sebesar 66,21%.

Dosis 3 untuk tenaga kesehatan mencapai 95,24%, dan dosis 3 untuk masyarakat umum sebesar 2,46%.

Capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dosis 1 sebesar 73,73%, dosis 2 sebesar 16,75%. Sedangkan untuk lansia, capaian dosis 1 sebesar 66,29%, dosis 2 sebesar 51,39%, dan dosis 3 sebesar 3,11%.

"Mudah mudahan capaian vaksinasi segera bisa kita tuntaskan dan selesai tepat waktu sebelum pelaksanaan MXGP," ungkapnya.

Penyelenggaraan MXGP secara teknis akan dilaksanakan oleh Even Organizer yang ditunjuk oleh Infront selaku prinsipal MXGP.

"Pemerintah Daerah dalam hal ini akan membantu penyiapan lahan tempat berlangsungnya even serta infrastruktur pendukungnya," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, hasil pembicaraan terakhir antara Pemerintah Provinsi NTB dengan Promotor MXGP telah diputuskan tempat penyelenggaraan even di lahan di Kawasan Samota, Kecamatan Labuan Badas.

Dalam rangka penyediaan air minum dan air bersih di lokasi MXGP, Perumdam Batulanteh telah bekerjasama dengan PT. Tiara Cipta Nirwana untuk penyediaan air minum dan air bersih melalui teknologi SWRO untuk penyulingan air laut.

Awal Februari ini, telah dilakukan survey oleh Tim Promotor MXGP untuk persiapan logistik dan hospitality.

"Direncanakan pada akhir Februari atau awal Maret 2022, akan datang Tim untuk melakukan finalisasi rencana layout lokasi dan persiapan teknis lainnya," katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, Rabu (23/2/22) menambahkan, terkait dengan vaksinasi berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, vaksinasi masih harus dikebut.

"Saya berharap MXGP kan bulan 6. Tentu ada persyaratan khusus yang ditargetkan terkait dengan vaksin. Tolong siapkan strategi, sehingga jangan sampai karena gara gara vaksin ini MXGP bisa gagal," tegas Rafiq.

Tentunya, lanjut Ketua DPRD, antisipasinya mulai dari sekarang, siapkan strategi, siapkan tim, termasuk juga penyesuaian data manual dan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional atau KPCPEN.

"Harus segera dikoordinasikan dan dikomunikasikan. Sehingga ini tidak ada ketimpangan, vaksinasi tercapai, MXGP sukses dilaksanakan," kata Rapiq.  

Kemudian lanjut Rafiq, untuk pagelaran MXGP, harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, memberikan multiplier effect yang  signifikan bagi keberadaan UMKM, Jasa perhotelan, kuliner maupun industri Jasa.

"Tahapan yang dijalankan oleh Pemda harus dapat diketahui secara luas, sehingga partisipasi publik akan dapat terealisasi, oleh karenanya peran Media sebagai corong utama informasi harus dapat dirangkul dan diberdayakan," katanya. (KO03)

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News