GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Presiden RI Joko Widodo Buka Kongres PWI KE XXV, Sampaikan Terima Kasih Atas Kritikan dan Masukan

Presiden Joko Wododo berfoto bersama tokoh pers Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Istana Negara (istimewa/KO)

KANAL ONE, JAKARTA
- Presiden RI Joko Widodo membuka Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) XXV tahun 2023 di Istana Negara Jakarta, Senin, 25 September 2023. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden. 

Presiden di hadapan ratusan wartawan mengatakan ucapan terima kasih atas kritikan dan masukan yang selama ini diberikan oleh wartawan.

Baca Juga: Presiden Timor Leste Ramos Horta kunjungi PBNU, ini yang dibicarakan

"Selama ini ada kritikan yang halus, samar-samar, ada juga yang to the point. Ada juga yang offside, tidak jelas tujuannya kemana berita itu,"  ungkapnya.

Tapi, kata Presiden tidak apa-apa kritikan itu. Anggap saja sebagai jamu yang dapat menyehatkan. Apalagi tahun ini tahun politik.

Presiden mengatakan, untuk saat ini mestinya berita  baik bukan yang selalu viral dan sensasional. Tapi bagaimana agar berita itu sesuai dengan fakta dan kenyataan di lapangan. 

"Tetap taati, patuhi dan pegang teguh kode etik jurnalistik. Jangan mudah terpancing dengan karena ngejar viral dan pada akhirnya hoaks," ungkapnya.

Pada sisi lain, Jokowi menawarkan untuk Hari Pers Nasional (HPN) 2024 mendatang, di Solo atau di IKN (Ibu Kota Negara). 

"Tinggal pilih saja. Insya Allah, fasilitas di IKN sudah siap. Khususnya hotel sudah jadi,"  katanya disambut dengan tepuk tangan.

Sebelumnya Ketua PWI , Atas S Depari di hadapan Presiden minta agar HPN tahun 2024 di Solo. Bahkan Atal minta langsung kepada Ketua PWI Solo agar siap-siap menjadi tuan rumah.

"Ini permintaan kami Pak Presiden," katanya.

Permintaan Atal tersebut bukan tanpa alasan, sebab pada Kongres  XXIV  saat dia terpilih menjadi ketua PWI Pusat kongres dilaksanakan di Solo.

"Kami akan mengulangi kesuksesan Kongres di Solo, termasuk nanti pelaksanaan HPN," katanya disambut tepuk tangan.

Tiba di Lembar Patung Jokowi Dikawal Menuju Mandalika

Hadir dalam pembukaan Kongres PWI XXV, Mensesneg, Pratikno Menkominfo, Budi Arie Setiadi, Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, Ketua dan Sekretaris PWI se-Indonesia dan beberapa undangan lainnya Oesman Sapta Odang.

Usai pembukaan, Presiden RI bersama peserta kongres memberikan kesempatan untuk foto bersama di halaman Istana Merdeka. (KO_01)


Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News