GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Kodim 1606/Mataram Gotong-royong Bersihkan Sampah Pasar Pagesangan

Kodim 1606/Mataram Gotong-royong Bersihkan Pasar Pagesangan
Para Personil Kodim 1606/Mataram saat gotong-royong membersihkan sampah di Pasar Pagesangan pada Kamis 7 Desember 2023.


 KANAL ONE, Mataram - Kodim 1606/Mataram gotong-royong membersihkan sampah Pasar Pagesangan pada Kamis 7 Desember 2023.

Gotong-royong membersihkan sampah Pasar Pagesangan ini merupakan Karya Bhakti Kebersihan Lingkungan Kodim 1606/Mataram.

Gotong-royong membersihkan sampah Pasar Pagesangan ini dihadiri Komandan Kodim 1606/Mataram, Letkol Arm Muhammad Saifuddin Khairuzzamani, bersama Walikota Mataram H. Mohan Roliskana dan Ketua DPRD Kota Mataram Didik Sumardi, bersama puluhan tim gabungan dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, unsur mahasiswa, dan masyarakat.

Kehadiran Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Komandan Kodim 1606/Mataram, Letkol Arm Muh. Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Han., dan Kepala DPRD Kota Mataram dalam kegiatan ini tidak hanya memberikan dukungan simbolis, tetapi juga memotivasi partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat.

Komandan Kodim 1606/Mataram, Letkol Arm Muhammad Saifuddin Khairuzzamani, menjelaskan kegiatan serupa dilakukan serentak seluruh Indonesia, berdasarkan surat perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dalam mengantisipasi dampak musim penghujan.

Pemilihan pasar sebagai tempat 'Karya Bhakti Kebersihan Lingkungan' karena pasar merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi masyarakat.

"Kalau ada kotor dan sebagainya, rentan untuk penyakit, apalagi penyakit menular dan malaria," kata orang nomer satu di jajaran Kodim 1606/Mataram.

Pada kesempatan itu, Walikota Mataram mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim Mataram karena dalam kondisi musim penghujan saat ini, kegiatan tersebut penting dilakukan untuk menghindari segala ancaman yang ditimbulkan di saat musim penghujan.

Semoga kegiatan ini menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di wilayah Kota Mataram, harap Wali Kota Mataram.

Kegiatan diakhiri dengan langkah preventif yang kuat, yaitu fogging yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Mataram.

Fogging di Pasar Pagesangan Mataram
Petugas Dinas Kesehatan Mataram melakukan fogging di Pasar Pagesangan

Fogging merupakan tindakan pengasapan dengan menggunakan cairan insektisida untuk memberantas nyamuk dan mengurangi risiko penyebaran jentik nyamuk di sekitar pasar.

Baca Juga: Nyamuk Wolbachia Belum Masuk Lombok, Alasannya ....

Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya fokus pada aspek fisik pembersihan pasar, tetapi juga memberikan perlindungan ekstra terhadap kesehatan masyarakat, mengantisipasi potensi penyakit yang dapat timbul akibat kondisi lingkungan pasca hujan.

Penulis: KO_02
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News