GpYlTUY0GpOiTSGlBSAlTSG0TY==

Launching Program NTB di Rumah Sakit Mata NTB

Launching Program NTB di Rumah Sakit Mata NTB

 KANAL ONE, MATARAM - Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi melaunching Program NTB berlangsung di Rumah Sakit Mata Provinsi NTB pada Jumat 19 Januari 2024.

Dalam sambutan Pj Gubernur menyampaikan, Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen untuk menurunkan jumlah kasus kebutaan di NTB, dengan menggagas program NTB (Nusa Terang Benderang).

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi, NTB mendapatkan posisi kedua di Indonesia dengan total nilai 4 persen untuk gangguan penglihatan. Jika diakumulatifkan terdapat 37.530 kasus gangguan penglihatan, 78 persen penyebab kebutaan paling tinggi adalah katarak.

"Semoga kita menapak NTB ke depan, menjadi NTB yang Nampak Terang Benderang. Jauh dari kondisi sekarang yang nasih banyak menderita katarak, terjadi kekaburan dan sebagainya," tuturnya.

Program NTB bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan akses kesehatan mata, terutama bagi penderita katarak untuk bisa dilakukan treatment operasi katarak secara gratis.

Selain itu, Pj Gubernur NTB juga menyampaikan mewajibkan ASN yang akan memasuki masa purna tugas, untuk melakukan pemeriksaan mata. Jika ada indikasi katarak, agar dapat segera ditangani.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Lalu Hamzi Fikri mengajak kepada seluruh pihak untuk berpartisipasi memberantas gangguan penglihatan di NTB.

"Kami mengajak partisipasi semua pihak, untuk upaya kita memberantas gangguan pengelihatan di NTB," pungkasnya.

Penulis: KO_05
Editor: Hadi

Komentar0

Bebas berkomentar. Sesuai Undang-undang Republik Indonesia. Link aktif auto sensor.

Cari Berita Lain di Google News
@lombokepo

Type above and press Enter to search.